Monday 12 May 2014

Power steering



Di sini saya akan menjelaskan tentang power steering pasti kalian yang berjiwa otomotif pasti sering mendengar istilah power steering, tapi kalian sering bertanya-tanya power steering itu apa ? cara kerjanya bagaimana ? nah langsung saja saya jelaskan apa itu power steering dan bagaimana cara kerjanya.

Power steering adalah peralatan hidrolik untuk meringankan sistem kemudi. Kerja sistem kemudi yang menggunakan teknologi power steering ini berdasarkan mekanisme gabungan antara hidrolik dan mekanik. Keduanya bekerjasama untuk menghasilkan putaran kemudi yang ringan.


Untuk menambah kenyamanan berkendara, kebanyakan mobil-mobil modern menggunakan ban berukuran lebar dan bertekanan rendah, yang mampu menambah daerah kontak permukaan roda-ke-jalan. Sebagai hasilnya, diperlukan tenaga kemudi menjadi lebih berat.

Tenaga kemudi dapat diturunkan dengan menurunkan rasio roda gigi steering gear. Namun, cara ini akan menyebabkan gerak putar roda kemudi menjadi lebih banyak saat kendaraan berbelok, sehingga tak mungkin membelok tajam. Dengan demikian, untuk menjaga kelincahan steering dan, pada saat yang sama membuat tenaga kemudi tetap ringan, diperlukan semacam alat bantu steering. Dengan kata lain, power steering, yang telah banyak digunakan untuk kendaraan besar, sekarang juga banyak digunakan untuk mobil-mobil penumpang kecil.



Power steering mempunyai tipe hidraulik dan elektrik.
untuk yang system hidraulik klik disisni
dan yang elektrik klik disini 

1 comment:

  1. nyimak Om

    http://ndesoedisi.wordpress.com/2014/06/09/otak-atik-gathuk-1-benarkah-nasib-boyband-smsh-tergantung-suzuki/

    ReplyDelete